Tips Aman Pesan Makanan Online Selama PPKM Darurat

Pada masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat seperti saat sekarang ini, sangat membatasi aktivitas kehidupan sehari-hari. Dengan kondisi ini untuk bepergian keluar rumah tentunya harus mempertimbangkan banyak hal karena kita dihimbau agar membatasi mobilitas.

Jika anda seorang pencinta kuliner tentunya keadaan PPKM Darurat ini membuat anda tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Dan karena itu untuk memenuhi hasrat kuliner dilakukan dengan memesan makanan secara online.

Sambil duduk manis di rumah, dapat dilakukan pemesanan lewat aplikasi smart media, memilih kuliner yang diinginkan sesuai selera dan kemudian makan siap diantarkan. Paling tidak kondisi ini dapat mengobati kerinduan untuk dapat menikmati kuliner meski dari rumah.

Baca juga : Makanan Untuk Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Tentunya kita menginginkan makanan yang dipesan aman sampai di tangan. Oleh karenanya kita harus tetap berhati-hati, karena memesan makanan secara online bukannya tanpa resiko sama sekali.

Tips Aman Pesan Makanan Online Selama PPKM Darurat
Tips Aman Pesan Makanan Online Selama PPKM Darurat – investor.id

Terpapar virus Covid-19 bisa saja dapat terjadi, lewat penularan akibat droplet, lewat kurir mauun melalui kemasannya. Yang menjadi banyak pertanyaan pada kondisi saat sekarang ini adalah bagaimana memastikan keamanan makanan yang dipesan lewat online ?

Berdasarkan informasi dari para ahli bahwa pada dasarnya virus Covid-19 memiliki peluang hidup yang kecil jika menempel dipermukaan benda seperti plastic atau kemasan makanan. Sebab medium penularan Covid-19 yang utama adalah berasal dari cairan tubuh dari seseorang yang terinfeksi. Cairan seperti cipratan air yang keluar dari mulut atau hidung pada saat bersin, batuk atau mengeluarkan nafas. Walaupun tertular melalui permukaan benda relative kecil, ada baiknya selalu tetap waspada dan berhati-hati.

Baca juga : Isolasi Mandiri Di Rumah Begini Caranya Jika Fasilitas Terbatas

Disadur dari laman kompas.com, berikut ini adalah daftar tips yang bisa diaplikasikan saat memesan makanan online lewat aplikasi pada saat PPKM Darurat diberlakukan antara lain :

1. Pilihlah restoran atau gerai kuliner yang terpercaya

Salah satu tips pesan makanan yang aman adalah memilih restoran atau gerai kuliner yang terpercaya. Maksudnya disini, kita bisa order makanan dari restoran yang  diyakini bersih dan sudah pernah dicoba sebelumnya, atau yang direkomendasikan oleh banyak orang.

Sebaliknya, apabila belum pernah melakukan pemesanan di restoran tersebut, tak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu. Salah satunya ialah mengecek lewat akun media sosial seperti Instagram atau lewat review yang terpampang di Google. Biasanya para memilik resto atau gerai makanan akan memposting foto atau video proses persiapan memasak dan packing makanannya.

2. Pesanlah makanan yang diproses dengan higienis

Sebaiknya memilih menu makanan yang higienis, karena  biasanya makanan yang higienis dimasak dengan baik dan matang.  Ini cenderung membuat berbagai virus, kuman, dan bakteri mati dalam proses memasak makanan tersebut.  Sementara, makanan mentah atau yang tidak dimasak dengan baik, seperti salad, ikan mentah, atau potongan buah-buahan segar lebih mudah tercemar oleh virus, bakteri, dan kuman.

Baca juga : Makanan Yang Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh, Hindari!

3. Sebaiknya lakukan transaksi cashless

Untuk menghindari lebih banyak kontak dengan kurir dianjurkan sebaiknya menggunakan transaksi non tunai alias cashless. Karena uang yang kita berikan bisa saja menyebarkan virus Covid-19 sehingga lebih baik melakukan pembayaran lewat transfer atau e-money. Ditambah lagi, pembayaran yang dilakukan secara cashless biasanya memberikan lebih banyak promo atau diskon sehingga justru lebih hemat.

4. Selalu membatasi kontak langsung dengan kurir

Pastikan untuk selalu menjaga jarak pada saat menerima pesanan dari kurir yang mengantarkan makanan. Sebaiknya meminta secara khusus kepada kurir ojek online agar meletakkannya di depan pintu, pagar rumah, atau meletakkannya di meja resepsionis jika tinggal di apartemen.

Jika perlu, sediakan lokasi khusus untuk meletakkan pesanan di depan rumah agar tak perlu berinteraksi langsung. Selain aman, cara ini juga lebih praktis dan hemat waktu sehingga tukang ojek online tak perlu menunggu kita keluar.

5. Selalu kenakan masker saat berinteraksi

Selalu gunakan masker setiap kita berinteraksi dengan manusia lainnya, termasuk kurir yang mengantar makanan. Gunakan dua lapis masker agar mencegah penyebaran virus Corona.

Baca juga : Dampak Kolesterol Dalam Darah Untuk Kesehatan Jantung

6. Sebaiknya pindahkan makanan dari kemasan ke tempat makan milik sendiri

Jika pesanan makanan sudah berada di tangan, sebaiknya segera pindahkan makanan dari kemasan ke tempat makan milik sendiri. Langkah ini bertujuan untuk menghindari paparan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin menempel pada kemasan makanan selama di perjalanan kurir mengantarkannya.

Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu sebelum memindahkan makanannya.

7. Memanaskan makanan sebelum disantap

Tidak perlu terburu-buru menyantapnya. Panaskan kembali makanan yang dibeli dari restoran untuk memastikan tak ada virus, bakteri, atau kuman yang mungkin terkontaminasi pada makanan. Rasanya pun bakal lebih nikmat jika makanan disantap dalam keadaan hangat.

8. Buang sisa kemasan

Langkah selanjutnya untuk menekan risiko penyebaran virus yakni dengan membuang wadah makanan tersebut. Letakkan di tempat sampah dan jangan digunakan ulang karena berisiko bagi kesehatan.

Baca juga : 6 Sinyal Tubuhmu Benar-Benar Membutuhkan Detox

9. Jangan lupa cuci tangan menggunakan air dan sabun

Yang paling penting bagi para pemesan makanan adalah wajib mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum dan setelah menyiapkan makanan serta sebelum dan sesudah makan makanan yang dipesan. Jika tidak menemukan akses air mengalir dan sabun, gunakan cairan pembersih tangan dengan kandungan alkohol sekitar 70 persen untuk membersihkannya. Pastikan juga tidak menyentuh area wajah saat membawa makanan yang dipesan masuk ke dalam rumah atau ketika sedang menyiapkan makanan.

Demikian beberapa tips aman dalam melakukan pemesanan makanan lewat aplikasi secara online pada saat PPKM Darurat sedang diberlakukan. Dan semoga bermanfaat dan tetap lakukan protokol kesehatan walaupun situasi PPKM Darurat.

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *