Panduan Diet Rendah Karbohidrat untuk Pasien Diabetes

Panduan Diet Rendah Karbohidrat untuk Pasien DiabetesMakanan berkarbohidrat bisa meningkatkan glukosa darah semakin tinggi dibanding tipe makanan yang lain, yang berarti tubuh harus menghasilkan semakin banyak insulin untuk mengolahnya. Itu kenapa, pasien diabetes benar-benar dianjurkan untuk memperhatikan skema makannya, khususnya konsumsi karbohidratnya.

Tidak itu saja, skema makan rendah karbohidrat juga dapat menolong menantang efek-efek diabetes yang lain, seperti tambahan berat tubuh dan penyakit jantung. Tetapi, ingat, janganlah sampai tubuhmu justru kekurangan karbohidrat.

Karena, skema makan rendah karbohidrat bisa juga membuat badan kita kekurangan nutrisi penting, terhitung mineral dan vitamin. Selanjutnya, tanpa skema makan yang imbang, peranan tubuh kita tidak dapat bekerja secara maksimal.

Lalu, bagaimana mengaplikasikan diet rendah karbohidrat yang pas dan sehat untuk pasien diabetes?

Kenali keperluan karbohidrat

Keperluan karbohidrat bervariatif pada tiap orang dan dikuasai bermacam factor, seperti tingkat rutinitas, berat tubuh, sasaran kesehatan, dan yang lain. Untuk lebih detilnya, dianjurkan untuk konsultasi sama dokter supaya kamu dapat tentukan skema makan rendah karbohidrat yang tepat.

Tetapi, pada umumnya, diet yang paling rendah karbohidrat cuman meliputi 30 gr karbohidrat atau mungkin kurang setiap harinya. Sementara diet rendah karbohidrat meliputi 130 gr karbohidrat atau mungkin kurang dan diet karbohidrat moderat meliputi seputar 130 sampai 225 gr karbohidrat setiap hari.

Supaya ketahui kisah mengenai berapa berarti dampak dari skema makan itu, coba untuk hitung konsumsi karbohidratmu sepanjang sekian hari, baru selanjutnya memutuskan sasaran baru. Sekarang ini telah ada beberapa program penghitung kalori yang dapat kamu gunakan untuk menolong mencari konsumsi kalori harian supaya lebih tepat. Tidak boleh asal-asalan memutuskan angka konsumsi karbohidrat baru tanpa rencana yang pasti dan tepat.

Kecuali beresiko membuat badan alami kekurangan nutrisi penting, kurangi jatah atau menukar tipe karbohidrat secara mencolok bisa juga membuat kamu cepat lapar. Simak juga: 10 Imbas Kesehatan bila Memotong Mencolok Konsumsi Karbohidrat.

Kurangi perlahan-lahan

Taktik yang lain dapat diaplikasikan ialah kurangi dikit demi sedikit konsumsi karbohidrat, selanjutnya menyaksikan bagaimana dampaknya pada kandungan glukosa darahmu.

Misalkan, bila kamu terlatih nasi putih pada malam hari. Kamu kemungkinan ingin kurangi jatahnya perlahan-lahan, baru selanjutnya menukarnya dengan alternative yang lain lebih banyak mengandung nutrisi hingga tidak membuat kamu cepat lapar.
Misalkan, dengan nasi merah atau ubi.

Yakinkan sejumlah besar sumber kalori dalam skema makan rendah karbohidrat ini harus berawal dari sumber alami yang sehat, terhitung mengikutkan sayur-sayuran, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, sampai lemak sehat, seperti minyak zaitun atau alpukat.

Lihat konsumsi buah

Saat jalani skema makan rendah karbohidrat, kamu mungkin saja ingin kurangi konsumsi buah-buahan karena condong tinggi gula. Adapun salah satunya tipe buah yang tinggi kandungan gula ialah mangga.

Tetapi, kenalilah jika konsumsi buah-buahan dengan jumlah moderat masih baik untuk kesehatan, lho. Apa lagi bila makan buah dilaksanakan untuk menukar sesion ngemil makanan kurang sehat.

Merilis kabar berita Kompas.com, buah memiliki kandungan tiga tipe gula yakni fruktosa, glukosa, dan gabungan ke-2 nya yang disebutkan sukrosa atau gula meja. Walau memiliki kandungan gula, buah memiliki kandungan mineral dan vitamin yang diperlukan badan, seperti serat, dan vitamin A dan C yang bisa kurangi infeksi dan tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh.

Sekalinya kalori buah yang kita konsumsi sama dengan sekaleng soda, misalkan, tetapi ada beberapa gizi penting yang masih dapat kita peroleh dari buah. Gula yang terdapat di dalam buah-buahan juga sebagai gula alami. Tetapi, konsumsi buah utuh berlainan lho dengan bila kita mengkonsumsinya berbentuk makanan penutup, juice atau smoothie dengan pemanis tambahan.

Yakinkan kita konsumsi buah dengan jumlah jatah yang lumrah. Anjuran dari American Heart Association (AHA) ialah sebesar kepalan tangan kita. Sementara untuk buah fresh, beku atau kalengan ialah 1/2 cangkir, sedang buah kering dan juice buah ialah seperempat cangkir.

Turunkan konsumsi karbohidrat kurang sehat

Kurangi seutuhnya konsumsi karbohidrat kurang sehat pada sebuah waktu kemungkinan berasa susah. Maka lakukan secara setahap. Beberapa macam makanan yang perlu dijauhi bila ingin mengaplikasikan skema makan rendah karbohidrat yang sehat, diantaranya:

  • Makanan buatan, seperti daging dalam paket dan cemilan tinggi garam.
  • Makanan tinggi gula, seperti permen, kue kering, biskuit, kue, roti putih, dan yang lain.
  • Minuman mengandung alkohol.
  • Kentang, terhitung berbentuk keripik.
  • Sayur bertepung.
  • Pasta putih.

Roti dengan gandum utuh dan beberapa bijian tinggi karbohidrat. Tetapi, dua tipe makanan itu menjadi sisi dari skema makan sehat yang aman untuk pasien diabetes.Kamu bisa konsumsi karbohidrat tipe ini dengan jumlah moderat atau sebagai alternatif karbohidrat kurang sehat, seperti kue.

Baca juga : Diet Asyik Menurunkan Berat Badan Yang Efektif

Faedah diet rendah karbohidrat

Skema makan ini kemungkinan jadi salah satunya taktik mengurus diabetes yang paling efisien, terlebih bila kamu menghindar konsumsi beberapa obat. Karena, karbohidrat bisa tingkatkan glukosa darah semakin tinggi dibanding tipe makanan yang lain. Untuk orang dengan kekebalan insulin, glukosa darah kemungkinan masih tinggi sampai beberapa saat sesudah mengonsumsi karbohidrat.

Untuk pasien diabetes type 1 yang tidak hasilkan cukup insulin, karbohidrat dapat mengakibatkan kenaikan glukosa darah. Dengan demikian, diet rendah karbohidrat bisa menolong pasien semua pasien diabetes, baik pasien diabetes type 1 atau type 2.

Pada umumnya, diet rendah karbohidrat bisa juga memberikan faedah sebagai berikut ini:

  • Memberikan badan semakin banyak energi.
  • Turunkan resiko hipoglikemia.
  • Menolong turunkan berat tubuh.
  • Turunkan kandungan cholesterol.
  • Membuat cepat kenyang, dan yang lain.

Tetapi, ingat tidak untuk sembarangan mengaplikasikan diet rendah karbohidrat, ya.Karena, tanpa rencana yang pas, skema diet ini justru dapat mengakibatkan badanmu kurang gizi. Aktor diet rendah karbohidrat yang keliru bisa juga mengonsumsi protein dalam skala besar, yang selanjutnya akan percepat kerusakan ginjal untuk beberapa orang yang telah mempunyai penyakit ginjal.

Resiko yang lain mencakup osteoporosis dan patah tulang, kurang konsumsi serat, arteri yang mampet, dan yang lain. Maka bila kamu mempunyai diabetes dan ingin mengaplikasikan diet rendah karbohidrat secara pas, konsultasilah sama dokter untuk memperoleh kontribusi dalam berencana skema makan yang sehat.

Bila kamu sekarang ini masih pada keadaan sehat tanpa diabetes tapi sangsi apa diri kamu beresiko tinggi alami penyakit ini, coba cari tahu mengenai tanda-tanda diabetes yang tampil semenjak awalnya.

Mengenal tanda-tanda diabetes semenjak awalnya akan membuat kamu dapat selekasnya memperoleh perawatan klinis dan anjuran langkah menahan diabetes yang pas semenjak awalnya, saat sebelum diabetes berkembang jadi kompleksitas serius.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *