Makanan Untuk Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 saat sekarang ini sangat mempengaruhi kondisi mental seseorang. Oleh karena itu kesehatan mental seseorang harus sangat dijaga dan diperhatikan. Aturan yang dibuat untuk membatasi aktivitas sehari-hari memberikan tekan mental yang terasa. Apalagi diharuskan di rumah saja, membatasi interaksi langsung dengan orang lain hingga berita duka dari orang-orang terdekat.

Kondisi pandemi ini juga membuat orang mengalami tekanan psikis, karena kekhawatiran ketidakpastian. Belum lagi jika mengalami kesulitan ekonomi serta perasaan cemas memikirkan resiko terpapar virus Covid-19 setiap hari.

Baca juga : Isolasi Mandiri Di Rumah Begini Caranya Jika Fasilitas Terbatas

Tanpa disadari kondisi ini, membuat kesehatan mental sesorang bias terganggu. Gejalanya antara lain rasa cemas terus-menerus, marah berlebihan, menarik diri dari kegiatan sehari-hari, mudah tersinggung, hingga perubahan suasana hati yang drastis.

Tapi jangan khawatir, kondisi tekanan mental akibat situasi ini dapat dijaga, yaitu salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat. Kenapa demikian? Karena otak dan saluran pencernaan saling berhubungan.

Saluran pencernaan merupakan rumah untuk miliaran bakteri yang mempengaruhi produksi neurotransmitter, senyawa kimia yang bertugas membawa pesan dari usus ke otak, termasuk hormon dopamine dan serotonin.

Makanan Untuk Kesehatan Mental di Tengah Pandemi
Makanan Untuk Kesehatan Mental di Tengah Pandemi – pixabay

Dengan mengasup makanan sehat, pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan akan semakin banyak. Kondisi ini mempengaruhi produksi neurotransmitter secara positif.

Baca juga : Makanan Yang Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh, Hindari!

Berikut ini beberapa jenis makanan yang layak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 :

Konsumsi ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Lemak omega 3 sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi omega 3 yang cukup ternyata mampu mengurangi resiko seseorang terserang gangguan kesehatan mental atau depresi.

Kandungan omega 3 juga meningkatkan memori dan fungsi belajar otak. Selain itu ikan salmon juga memiliki kandungan vitamin D yang dapat membantu untuk meningkatkan depresi lebih rendah. Selain ikan salmon, ikan tuna dan ikan mackerel juga memiliki tingkat asam lemak omega 3 yang cukup tinggi.

Konsumsi daging ayam

Makanan yang menjaga kesehatan mental lainnya adalah mengkonsumsi daging ayam.  Yang menjadi pertanyaan adalah apa kaitannya mengkonsumsi daging ayam dengan menjaga kesehatan mental ?

Selain rasa dagingnya enak, daging ayam sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Didalam daging ayam terdapat kandungan asam animo triptofan yang dapat meningkatkan produksi serotin di dalam tubuh.

Baca juga : Dampak Kolesterol Dalam Darah Untuk Kesehatan Jantung

Serotin membantu otak dalam mengatur suasana hati, melawan depresi dan memperkuat memori. Namun supaya tetap sehat, pilihlah bagian dada ayam, karena memiliki kandungan rendah lemak dan sebaiknya diolah dengan cara dipanggang (bakar), jangan digoreng.

Konsumsi oatmeal dan beras cokelat

Selanjutnya, untuk menjaga kesehatan mental, dapat mengkonsumsi oatmeal dan beras coklat. Jenis makanan yang dianjurkan adalah whole grain atau bijian utuh merupakan jenis bijian yang belum mengalami proses pengolahan atau penggilingan. Whole grain bisa berupa oatmeal, beras cokelat, dan quinoa. Konsumsinya baik untuk kesehatan karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah dalam waktu singkat.

Whole grain mengandung karbohidrat kompleks yang membuat glukosa dihasilkan lebih lambat sehingga pasokan energi lebih konsisten. Whole grain juga mengandung triptofan yang berfungsi mengurangi depresi dan kecemasan saat dikonsumsi.

Konsumsi sayur bayam

Sayur bayam adalah merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat sehat. Sebagai sayuran sehat bayam juga tergolong salah satu makanan untuk menjaga kesehatan mental. Menkonsumsi sayuran bayam ternyata mampu mengasup otak dengan asam folat yang terbukti sebagai pencegah depresi.

Baca juga : 6 Sinyal Tubuhmu Benar-Benar Membutuhkan Detox

Asam folat pada sayur bayam juga sangat membantu melawan insomnia,  yang juga erat kaitannya dengan gangguan mental. Bonus lainnya, menkonsumsi sayur bayam bisa mengurangi risiko demensia pada orang lanjut usia.

Konsumsi kacang-kacangan

Yang terakhir, makanan yang menjaga kesehatan mental adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Mengapa ? Seperti halnya ikan salmon, kacang-kacangan adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik. Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dapat membantu melawan depresi.

Kacang mete, misalnya, membantu memberikan oksigen ke otak karena kandungan magnesium-nya. Kacang almond juga bagus dijadikan camilan. Makanan untuk jaga kesehatan mental ini mengandung senyawa fenilanin yang terbukti membantu otak memproduksi dopamine dan neurotransmiter lain yang meningkatkan suasana hati. Fenilalanin juga telah dikaitkan dengan pengurangan gejala penyakit parkinson.

Demikian beberapa jenis makanan yang dapat diolah dan dikonsumsi untuk dapat menjaga kesehatan mental dalam kondisi pandemi seperti saat sekarang ini. Semoga bermanfaat.

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *