Kolesterol Tinggi Karena Keturunan? Mitos Atau Fakta

Kolesterol ialah semacam zat lilin yang diketemukan pada darah dan sel badan. Hati adalah organ tubuh utama penghasil sejumlah besar zat tersebut dalam tubuh. Sebagian lagi berasal dari makanan yang Anda makan.

Kolesterol sejauh ini kerap kali dipandang menjadi biang keladi pemicu timbulnya berbagai penyakit beresiko.
Walau sebenarnya tidak begitu bila kandungannya pada tubuh dalam batasan normal.

Badan kita memerlukan zat tersebut diantaranya untuk untuk meningkatkan hormon, vitamin D, dan cairan pencernaan. Zat ini bisa juga menolong organ tubuh berperan secara baik. Tetapi, mempunyai kolesterol yang berlebihan pada darah memang menjadi permasalahan.

Baca juga : Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Tidak Disadari

Kolesterol yang tinggi dari waktu ke waktu bisa menghancurkan arteri anda, dan rentan mengalami penyakit jantung dan tingkatkan resiko stroke. Beberapa orang sejauh ini kemungkinan sudah pahami jika kandungannya tinggi dapat disebabkan karena faktor pola hidup.

Tetapi, sebagian orang kemungkinan berasa telah jalankan skema makan secara baik dan olahraga dengan teratur tetapi tetap menderita kolesterol tinggi. Maka apa dapat kolesterol tinggi disebabkan oleh karena turunan? Jawabnya ialah “dapat”.

Meringkas artikel Medical News Today, ada beberapa faktor yang bisa berperan menentukan tingkat kandungan cholesterol anda. Diantaranya memang terhitung genetika atau factor turunan.

Di mana, bila famili dekat anda mengidap cholesterol tinggi, maka kemungkinan anda juga dapat mengidapnya sendiri. Tetapi, banyak factor pola hidup, khususnya skema makan dan olahraga dapat mempengaruhi kandungannya pada darah.

Pemicu kandungan Kolesterol kurang sehat terjadi pada tubuh

Pada umumnya, ada dua wujud khusus kolesterol yang bisa diketemukan pada tubuh.

Pertama, cholesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kerap dikatakan sebagai kolesterol jahat. Jika kadar kandungan LDL tinggi pada tubuh, tentunya akan memiliki resiko keadaan kurang sehat dan juga bisa memacu penyakit jantung sampai kepada stroke.

Tipe kolesterol khusus yang lain, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau terkadang dikatakan sebagai cholesterol baik.
Kebalikannya dengan kandungan LDL, jika kadar kandungan HDL yang semakin tinggi menjadi tanda kesehatan yang bagus.

Bila dokter memberitahukan bahwa anda mempunyai kolesterol tinggi, mereka umumnya merujuk kepada tingkat kandungan LDL yang tinggi atau tingkat total cholesterol keseluruhan yang tinggi.

Kolesterol keseluruhan terkadang disebutkan kolesterol serum. Itu ialah jumlah kandungan LDL dan HDL dan 20 % trigliserida Anda. Kandungan LDL dan keseluruhan bisa dipakai sebagai tanda resiko terserang penyakit kardiovaskular dan kompleksitas yang lain.

Bermacam faktor resiko bisa berperan di tingkat kolesterol yang kurang sehat. Ini terhitung :

  • Genetika
  • Pola hidup
  • Gabungan ke-2 nya

Berikut penuturannya:

Mengenali hiperkolesterolemia kerabatal, cholesterol tinggi yang di turunkan

Merilis Health Line, bila anda mempunyai famili dekat, seperti orangtua, saudara kandungan, atau kakek-nenek yang mengidap kadar kolesterol tinggi, kemungkinan anda akan mengidapnya sendiri.

Ini sejumlah besar disebabkan karena penerusan gen dari orangtua ke beberapa anak yang bisa tingkatkan kandungan kolesterol pada darah, seperti gen yang mengkode reseptor yang hancur atau cacat.

Keadaan ini dikenali sebagai hiperkolesterolemia kerabatal. Hiperkolesterolemia kerabatal ialah wujud cholesterol tinggi yang di turunkan. Orang dengan hiperkolesterolemia kerabatal biasanya berkadar kolesterol semakin tinggi dibanding orang tanpa keadaan ini, walau ada opsi pola hidup.

Hal tersebut karena, orang dengan keadaan hiperkolesterolemia kerabatal tidak bisa mengendalikan kandungan cholesterol se-efisien mungkin. Orang dengan hiperkolesterolemia kerabatal tidak bisa mengatur kolesterol hanya lewat diet dan olahraga. Pasien mungkin saja perlu memakai beberapa obat.

Tetapi perlu dimengerti, mempunyai resiko genetik untuk kolesterol tinggi tidak menjamin bahwa anda akan mengidap kolesterol tinggi. Itu cuman bermakna bahwa anda mempunyai kenaikan resiko pada kolesterol tinggi.

Baca juga : Seputar Diet Sehat, Mitos Yang Perlu Diketahui

Bila anda berasa beresiko terserang hiperkolesterolemia kerabatal, dokter kemungkinan mereferensikan pengetesan genetik. Pengetesan genetik bisa mengenali gen yang keliru dan tentukan apa anda menanggung derita hiperkolesterolemia kerabatal atau mungkin tidak.

Bila anda rupanya positif hiperkolesterolemia kerabatal, anda kemungkinan membutuhkan panel lipid (test cholesterol) yang seringkali. Dokter bisa menolong Anda mengurus kolesterol dan mengawasi tingkat Anda, hingga bila Anda meningkatkan kolesterol tinggi, Anda bisa selekasnya mengawali penyembuhan.

Kegemukan atau lingkar pinggang besar

Sebagian orang secara genetik condong alami kegemukan atau lingkar pinggang yang besar. Sementara, ke-2 nya bisa tingkatkan resiko kolesterol tinggi.

Faktor pola hidup berperanan dalam ke-2 faktor resiko itu. Kegemukan diartikan sebagai index massa badan (BMI) 30 ataupun lebih tinggi. Sementara, lingkar pinggang yang besar ialah 102 cm atau lebih buat pria dan 89 cm atau lebih buat wanita.

Lemak yang menimbun di pinggang Anda bisa tingkatkan resiko kenaikan kolesterol dan kompleksitas kardiovaskular yang lain.

Gula darah tinggi

Kandungan glukosa yang tinggi bisa tingkatkan kandungan LDL dan turunkan kandungan HDL. Kandungan glukosa yang tinggi pada darah Anda dapat menghancurkan susunan arteri. Itu bisa tingkatkan resiko penimbunan lemak di arteri Anda.

Baca juga : Daftar Makanan Yang Rendah Kalori Tetapi Mengenyangkan

Seperti kegemukan dan lingkar pinggang, sebagian orang secara genetik lebih condong alami gula darah tinggi. Opsi pola hidup, seperti diet tinggi soda, permen, atau makanan yang lain memiliki kandungan banyak gula, dapat berperan pada kenaikan kandungan gula darah.

Factor pola hidup

Faktor-faktor resiko kolesterol tinggi bisa dikendalikan seutuhnya oleh opsi pola hidup. Ini terhitung diet, olahraga, dan merokok. Konsumsi makanan tinggi lemak jemu dan trans bisa tingkatkan kandungan kolesterol Anda.

Makanan tinggi lemak jemu dan trans mencakup:

  • Daging merah
  • Susu dan yogurt penuh lemak
  • Makanan yang dimasak
  • Permen olahan tinggi

Olahraga bisa tingkatkan kandungan HDL anda dan turunkan kandungan LDL Anda. Itu bermakna menambah olahraga ke kegiatan rutin Anda bisa menolong tingkatkan kandungan kolesterol yang sehat pada tubuh.

Coba untuk lakukan latihan aerobik intensif sedang sampai tinggi sepanjang 150 menit tiap minggu. Sebelumnya, Anda tidak harus mulai olahraga sekitar itu bila Anda baru olahraga.

Lakukan secara perlahan-lahan dan yakinkan untuk bicara sama dokter saat sebelum mengawali kegiatan rutin olahraga baru. Disamping itu, akan lebih bagus bila Anda ingin menambah latihan ketahanan, seperti angkat beban atau yoga ke gagasan olahraga Anda.

Saat itu, merokok sudah bisa dibuktikan bisa berpengaruh negatif pada kesehatan jantung. Itu karena tembakau dapat menghancurkan dinding pembuluh darah Anda. Ini membuat memungkinkan untuk menimbun tumpukan lemak.

Berbicaralah sama dokter mengenai program pemberhentian merokok yang kemungkinan sukses untuk pola hidup Anda. Kadang Anda kemungkinan perlu coba lebih satu sistem untuk stop merokok.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *