Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes, melakukan olahraga secara rutin mungkin dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga tekanan gula darah. Tidak hanya gula darah, berolahraga juga dapat mengurangi  faktor-faktur yang menjadi resiko penyakit lainnya seperti penyakit stroke, serangan jantung, dan dapat juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

National Institue of Health (NIH) merekomendasikan bagi para pengidap diabetes untuk melakukan olahraga aerobic kurang lebih selama 150 menit dalam seminggu (terutama yang masih bias menggerakkan badan dan tidak ada komplikasi yang membahayakan).

Baca juga : 10 Manfaat Klorofil Yang Sangat Luar Biasa

Dan bahkan, dianjurkan agar latihan aerobic ini dilakukan secara rutin dan tidak terlewat lebih dari dua hari. Berikut ihi adalah beberapa olahraga yang cocok  dan baik untuk dilakukan oleh para pengidap diabetes, yaitu antara lain :

Olahraga Yoga

Mengapa olahraga yoga? karena yoga merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara menggabungkan gerakan-gerakan dengan mengkombinasikan kelenturan, kekuatan, serta keseimbangan.  Yoga dianggap memiliki banyak manfaat bagi berbagai penyakit kronis, yang salah satunya adalah penyakit diabetes.

Olah raga yoga dapat membantu memperbaiki kadar glukosa gula darah pada orang-orang yang mengidap penyakit diabetes. Mengapa?, karena olahraga yang satu ini  dapat meningkatkan massa otot.

Tidak hanya itu, olahraga yoga juga memiliki peran dalam meningkatkan fungsi saraf dan membantu menghilangkan stress, sehigga dapat meningkatkan kondisi kesehatan mental yang baik. Dengan kondisi mental yang baik, tentunya dapat mendukung ksehetan fisik yang baik pula.

Olahraga Tai Chi

Tai Chi adalah merupakan salah satu olahtaga yang berasal dari Cina, yang merupakan latihan dengan menggerakkan tubuh secara lambat dan halus untuk memberikan relaksasi pada fikiran dan tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas  Floridamenunjukkan bahwa dari 62 wanita korea yang diteliti, kemudian dibagi menajdi dua kelompok, yaitu kelompok kontrl dan kelompok yang melakukan Tai Chi secara teratur.

Hasil penelitooannya menunjukkan bahwa kelompok wanita yang melakukan Ti Chi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengendalian gula darah. Kelompok wanita ini juga mengaku bahwa mereka merasa lebih segar dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Olahraga Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan dan bahkan bias dilakukan dimana saja. Oleh karena itu olahraga ini direkomendasikan bagi para pengidap diabetes.

Bahkan bagi para pengidap diabetes disarankan untuk berjalan kaki cepat (bagi penderita yang tidak mempunyai luka/gangrene atau komplikasi saraf di telapk kaki) selama 30 menit sam pai 1 jam sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga kesehatan.

Olahraga Berenang

Olahraga berenang  juga termasuk ke dalam olahraga yang cocok bagi para pengidap diabetes. Berenang merupakan olahraga yang mampu meregangkan dan mengendurkan  otot, namun dengan tidak memberikan tekanan pada sendi dalam tubuh.  Bahkan terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa dengan rutin berenang, dapat memperbaiki kadar kolesterol, membakarkalori, bahkan menjaga kesehatan mental dengan mengurangi stress.

Agar manfaat yang dirasakan lebih optimal, dianjurkan untuk melakukan olahraga renang sebanyak 3 kali dalam seminggu selama kurang labih 10 menit setiapp kalinya. Dyrasi dapat ditambahkan secara bertahap.

Olahraga Menari

Tidak hanya bagus untuk hobi, menari juga ternyata memiliki manfaat bagi tubuh. Menari dapat meningkatkan kekuatan memori dan otak karena kita terdorong untuk mengingat urutan dari tarian yang dilakukan.

Bagi para pengidap diabetes, menari dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk dilakukan aktivitas fisik, agar dapat meningkatkan flekdibiltas, mengurangi gula darah, menurunkan berat badan, dan mengurangi stress.

Baca juga : Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Tidak Disadari

Sebelum melakukan olahraka, sebaiknya terlebih dahulu memastikan bahwa hal-hal yang berikut telah dilakukan :

  • Sebelum dan sesudah berolahraga, lakukan pemeriksaan terhadap gula darah, gunanya untuk mengetahui bagaimana respon tubuh setelah melakukan olahraga.
  • Pastikan bahwa kadar gula dalam darah sebelum melakukan olahraga adalah tidak melebihi dari 250 mg/dl.
  • Sebaiknya lakukan banyak minum air sebelum, lalu pada saat melakukkan dan setelah olahraga dilakukan.
  • Biasakan selalu melakukan pemanasan paling sedikit 5 menit sebelum melakukan olahraga, serta lakukan pendingin setelahnya.
  • Jika merasa sesak saat melakukan olahraga, sebaiknya segera berhenti.
  • Konsumsi suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuh utnuk memenuhi nutrisi sebagai pedamping berolahraga agar dapat meminimalisir rasa lelah yang timbul setelah berolahraga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *