Detoks Tubuh Alami Pasca Lebaran, Konsumsi Makanan Ini

Menu lebaran sangat terkenal dengan memiliki lemak dan kalori tinggi. Usai menyantapnya terlalu banyak, maka perlu untuk “membersihkan” tubuh. Begini cara detoks setelah puas makan menu lebaran.

Opor, rendang, hingga gulai yang tersaji saat lebaran memang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika dimakan bersama ketupat, sambal goreng, dan pelengkap lauk lainnya. Tak jarang kamu berakhir kalap menyantap menu lebaran.

Baca Juga : Menu Sarapan Sehat Agar Tetap Semangat Setiap Hari

Namun perlu diingat kalau menu lebaran umumnya mengandung lemak dan kalori tinggi. Hal ini bisa membuat tubuh bekerja terlalu keras untuk mencernanya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Bukan tidak mungkin kamu akan merasakan perut yang penuh, begah, hingga cepat lelah. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara membersihkan tubuh atau kerap disebut detoks.

Tubuh sebenarnya bisa mengeluarkan racun atau detoks secara alami, namun tak ada salahnya mempraktikkan cara detoks tubuh ini. Sebab sistem detoksifikasi alami akan bekerja lebih optimal setelahnya.

Dikutip dari Healthline (13/5), berikut 5 cara detoks tubuh alami setelah lebaran:

Minum lebih banyak air

Via idntimes

Minum air bukan sekadar menghilangkan dahaga, melainkan juga mendatangkan banyak manfaat sehat lainnya. Penting untuk mencukupi kebutuhan air harian.

Manfaat minum air yang cukup antara lain mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi, hingga mendetoks tubuh dengan cara membuang ‘limbah’ yang ada pada darah.

Baca juga : 6 Sinyal Tubuhmu Benar-Benar Membutuhkan Detox

Air mengangkut produk limbah dalam tubuh secara efisien, kemudian mengeluarkannya lewat buang air kecil, pernapasan, atau berkeringat. Dengan kata lain, terhidrasi dengan baik adalah kunci detoksifikasi yang optimal. Jumlah yang disarankan sekitar 2,7 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria per hari.

Makan banyak buah dan sayur

 

Detoks Tubuh Alami Pasca Lebaran, Konsumsi Makanan Ini
Via intisari online

Cara detoks tubuh alami selanjutnya adalah memperbanyak asupan antioksidan. Sumber utamanya adalah ragam buah dan sayur.

Antioksidan membantu tubuh mengurangi kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Juga menurunkan risiko berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi detoksifikasi.

Beberapa buah dan sayur tinggi antioksidan adalah ragam buah berry, jeruk, apel, pir, pisang, brokoli, tomat, hingga ubi merah. Kamu juga bisa mengandalkan asupan teh hijau untuk mendapat antioksidan yang tinggi.

Konsumsi makanan tinggi prebiotik

Kesehatan usus berperan penting dalam menciptakan sistem detoksifikasi yang sehat. Konsumsi makanan sumber prebiotik bisa membuat sistem pencernaan sehat sehingga proses detoks dan kesehatan imun tubuh bakal terpelihara.

Makanan prebiotik sendiri mengandung jenis serat yang akan ‘memberi makan’ bakteri baik dalam usus bernama probiotik. Sumber prebiotik yang paling terkenal adalah yogurt. Pilih jenis yang alami dan tidak mengandung banyak bahan tambahan.

Baca juga : Alasan Kenapa Makanan Pedas Menyebabkan Diare

Lalu kamu juga bisa mengonsumsi banyak tomat, pisang, asparagus, bawang putih, dan oat. Makanan ini juga tergolong sumber prebiotik.

Kurangi makanan manis

Via okezone

Cara detoks alami selanjutnya adalah mengurangi konsumsi makanan tak sehat seperti makanan manis dan makanan olahan. Keduanya terkait dengan risiko obesitas dan penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Penyakit tersebut bisa menghalangi kemampuan tubuh dalam melakukan proses detoks alami. Sebab penyakit kronis bisa menyerang liver hingga ginjal.

Sebisa mungkin kurangi makanan manis dan makanan olahan demi terhindar dari banyak risiko kesehatan. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali, tapi sangat disarankan untuk menguranginya.

Hindari garam

Via tirto.id

Konsumsi terlalu banyak garam bisa meningkatkan retensi air. Kamu bisa menghilangkan kelebihan air dan limbah karenanya dengan meningkatkan asupan air dan makanan kaya kalium.

Saat ada kelebihan air di dalam tubuh, kamu bisa merasakan kembung dan perut tak nyaman. Meningkatkan asupan air untuk mengatasinya sangat tepat karena tubuh akan terbantu mengeluarkan lebih banyak air dan produk limbah dari dalam tubuh.

Untuk makanan kaya kalium, kamu bisa mengonsumsi kentang, labu, pisang, dan bayam. Itu tadi beberapa cara detoks alami setelah lebaran.

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul “5 Cara Detoks Tubuh Alami Setelah Lebaran, Konsumsi Makanan Ini

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *