Dampak Kolesterol Dalam Darah Untuk Kesehatan Jantung

Jantung adalah sebagai salah satunya organ tubuh yang mempunyai peranan yang sangat penting. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, dan di dalam darah itu terdapat nutrisi dan juga oksigen yang diperlukan oleh tubuh.

Oleh karena itu jika jantung mengalami masalah, tentunya akan  berpengaruh pada seluruh organ tubuh. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan dan mempertahankan kesehatan jantung.

Baca juga : Detoks Tubuh Alami Pasca Lebaran, Konsumsi Makanan Ini

Salah satunya langkah untuk mempertahankan kesehatan jantung adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan yang masuk ke tubuh kita, khususnya dengan mengendalikan keseimbangan makan, diantaranya membatasi makanan yang memiliki kandungan tinggi kolesterol.

Memang ada apa dengan makanan tinggi kolesterol ?

Untuk mempertahankan kesehatan jantung, kita dianjurkan untuk menghindar makanan yang memiliki kandungan kandungan kolesterol yang tinggi. Pertanyaannya, kenapa makanan tinggi kolesterol beresiko untuk jantung?

Kolesterol adalah senyawa yang mempunyai banyak peranan pada tubuh, seperti membuat perlindungan saraf, membuat beberapa sel baru, serta menghasilkan hormon. Kolesterol ini biasanya diproduksi oleh organ hati.

Tetapi kolesterol juga dapat semakin bertambah dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi, khususnya makanan sejenis hewani seperti telur, susu, dan daging. Kolesterol memang diperlukan oleh badan, tetapi bila kandungannya berlebihan malah ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Apa hubungan?

Bila dalam darah terdapat banyak kolesterol, tentunya kondisi ini bisa mengakibatkan penimbunan lemak pada dinding arteri, yang selanjutnya ini disebutkan dengan aterosklerosis. Aterosklerosis adalah merupakan salah satu tipe dari penyakit jantung.

Baca juga : SPIRULINA, Spirit Untuk Kecerdasan Anak

Bila kondisi  ini terjadi, arteri akan menyempit dan saluran darah ke otot jantung bisa menjadi terhalang karena adanya penyumbatan. apabila darah tidaklah sampai ke jantung, tentunya ini dapat  mengakibatkan berkurangnya oksigen yang mengalir ke jantung dan mengakibatkan rasa ngilu di dada. Serta akan lebih parah, apabila supply darah ke jantung terputus, ini bisa mengakibatkan berlangsungnya penyakit serangan jantung.

Ada dua tipe kolesterol yang dapat dikenali, yakni Low Densitas Lipoprotein (LDL) ataupun lebih disebutkan dengan kolesterol jahat, dan High Densitas Lipoprotein (HDL) atau yang umum disebutkan dengan kolesterol baik. Kenapa ada kolesterol jahat dan baik?

LDL atau low densitas lipoprotein adalah sebagai penyebab utama dari timbulnya plak penyumbatan arteri, dan HDL berperan untuk membersihkan kolesterol dari darah. Ada pula trigliserida, yang disebut kandungan lemak pada darah. Bukan hanya kolesterol, trigliserida ini juga apa bila terjadi penumpukan tentunya juga akan memiliki resiko pada penyakit jantung.

Baca juga : Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Tidak Disadari

Lalu Bgaimana Langkah Untuk Dapat Mencegah Resiko Penyakit Jantung?

  1. Usahakan untuk selalu bergerak aktif, diantaranya adalah dengan melakukan olahraga. Olaharaga bisa menolong mengatur berat tubuh dan mengurangi kandungan kolesterol pada darah.
  2. Makan dengan baik dan benar, pilihlah asupan yang mengandung tinggi akan buah-buahan, sayur-sayuran, ataupun biji-bijian. Kacang dan polong-polongan juga merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Untuk hewani, pilihlah daging tanpa lemak dan ayam tanpa kulit, atau ikan berlemak. Hindari lemak trans, dan pilih minyak seperti minyak canola, zaitun, atau safflower.
  3. Selalu perhatikan berat badan, karena berat badan yang berlebih condong akan membuat LDL jadi bertambah dan bisa menambahkan resiko pada jantung.
  4. Lakukan kontrol serta pemeriksaan secara rutin, khususnya apabila ada keluarga yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi atau memiliki penyakit jantung.
  5. Bantu dengan mengkonsumsi ProArgi-9+ yang memiliki kandungan l-arginine yang bisa dengan mudah diganti oleh badan jadi nitrit oksida. Dengan mengkonsumsi Proargi-9+ dapat menolong memperlebar pembuluh darah hingga peredaran darah ke organ-organ penting makin lebih maksimal, dan menolong turunkan kandungan lemak pada tubuh yang bagus dilaksanakan untuk jaga berat badan.

 

Utamakan untuk selalu menjaga kesehatan, khususnya adalah menyayangi jantungmu, karena tiap detaknya demikian bernilai. Saat ini pemikiran bahwa kolesterol bukanlah pemicu penyakit jantung mulai menyebar, tetapi sayang belum dipahami secara luas.

Karena kesadaran mengkontrol pola makanan berimbang dan mengkonsumsi suplemen sebagai makanan sehat serta berolahraga masih rendah. Hingga beranggapan bahwa kolesterol pemicu penyakit jantung masih menempel. Oleh karenanya  diperlukan pendekatan yang terus-terusan untuk memberi pengetahuan akan kolesterol ini.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *